SERANG, MNNEWS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Puloampel yang berlokasi di Desa Marga Sari Kecamatan Puloampel, kabupaten Serang. Keberadaan Sekolah tersebut adalah salah satu pendidikan penuh perjuangan oleh aktifis dan masyarakat di Puloampel diantaranya sebagai ketua Komite, pendirinya adalah Bapak H. Sanwani , SE, M.Si yang pada saat itu beliau menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Kota Serang dibantu oleh Wakilnya Bapak Fuadi, S.Pd. sekretaris I Bapak Abdul Muhit, S.Ag.MM. dan Bapak Salamun PS, S.Pd. sebagai sekretaris II, adalah suatu momen yang tepat dan mantap jikalau beliau-beliau ini dikatakan sebagai pahlawan-pahlawan pendiri SMKN1 Puloampel yang gigih, berani, dan tahan uji dalam melakukan birokrasi terhadap pemerintah maupun perusahaan di wilayah Puloampel.

Dengan ikhtiar dan keyakinan yang kuat, maka SMK N1 Puloampel berdiri dan terwujud sebagai sekolah kejuruan yang berstandar nasional merupakan impian dan cita-cita komite serta masyarakat di lingkungan Puloampel sebagai kebutuhan dan menjawab tantangan dan persoalan di dunia industri yang ada di Puloampel dan sekitarnya.

SMK Negeri 1 Puloampel merupakan Sekolah dibawah naungan Dinas Pendididikan dan Kebudayaan Provinsi Banten yang relatif usianya masih muda.

Secara operasional sudah ada sejak tahun 2007 tepatnya pada tanggal 16 Juli 2007 bertempat di kampus SDN Buah Gede Desa Argawana, Kecamatan Puloampel kabupaten Serang, diresmikan pada tanggal 01 Agustus 2007 oleh Bapak Bupati Kabupaten Serang Yakni Bapak H. Taufiq Nuriman, yang pada waktu itu masih merupakan sekolah induk/ binaan dari SMKN2 Serang dimana waktu itu SMKN2 Serang di pimpin oleh Bapak Drs. Afandi dan beliau juga memberikan kepercayaan langsung sebagai Plh. Kepala SMKN1 Puloampel yaitu Bapak Salamun Papud Setyadi, S.Pd.

Setelah SMKN1 Puloampel resmi berdiri sendiri dan melepaskan sepenuhnya dari SMKN2 Serang maka sekolah ini dipimpin oleh kepala sekolah yang baru yaitu Bapak Salamun Papud Setyadi, S.Pd. yang kemudian pada tahun 2011 Bapak Ali Rohman, M.Pd menggantikannya sebagai Kepala Sekolah yang baru.

SMK Negeri 1 Puloampel setelah pindah dari SDN Buah Gede maka SMKN1 Puloampel telah memiliki gedung baru yang terletak di Margasari tepatnya di Jalan Bojonegera No. 14 Kp. Mekarsari Rt/Rw 14/05 Ds. Margasari Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten.

Lokasi tersebut sangatlah strategis selain berada di depan jalan raya provinsi juga banyaknya industri/perusahaan dan instansi yang berdiri di sekeliling sekolah diantaranya PT. Gunanusa Utama Fabricators, PT. PLN, PT.CF, dan PT. Pelindo salah satu pelabuhan internasional dan perusahaan-perusahaan yang lainnya, sehingga mudahnya menjalin kerjasama dan pelayanan yang baik antara sekolah dan industri di wilayah Puloampel. Sehingga diharapkan lulusan dari SMKN1 Puloampel dapat diserap oleh dunia usaha tersebut.

SMK Negeri 1 Puloampel memiliki beberapa jurusan diantaranya :

1. Tekhik Pengelasan (TL),
2. Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI),
3. Kimia Indutri (KI),
4. Administrasi Perkantoran (AP/OTKP),
5. Akuntansi (AK). dan beberapa tahun terakhir telah menambah dua jurusan yakni
6. Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) serta
7. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Walaupun usianya relatif masih muda terhitung sejak tahun 2007 sampai dengan 2021 akan tetapi beberapa prestasi gemilang baik dibidang akademis maupun kegiatan pengembangan diri, olahraga dan seni sudah dapat berbicara di tingkat daerah, provinsi maupung tingkat nasional.

Prestasi gemilang tersebut diantaranya bidang akademis beberapa siswa terdiri dari beberapa jurusan telah meraih beasiswa prestasi akademik dari pemerintah dan perusahaan sebagai salah satu kepedulian terhadap pendidikan.

Prestasi dibidang olahraga, sain dan seni/keterampilan diantaranya :

1. Lomba LKS tingkat Provinsi Juara I “Welding” (2009),
2. 10 Besar LKS “Welding” tingkat Nasional (2009),
3. Juara I dan III kejuaraan pencak silat Untirta Cup 1 se –Kab./Kota Serang dan Cilegon (2009),

(Red)

Artikulli paraprakDari Desa dan Pulau Terluar, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar Tangani Stunting
Artikulli tjetërDinkes Banten Raih Penghargaan GP2SP dari Kemenkes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini