Beranda EKONOMI Sekda Kabupaten Serang Ingatkan OPD Susun Program 2023 Harus Tepat Sasaran

Sekda Kabupaten Serang Ingatkan OPD Susun Program 2023 Harus Tepat Sasaran

128
0

MNNEWS, SERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun program Tahun 2023 harus tepat sasaran. Mengingat, imbas dari pandemi covid-19 masih berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Serang.

“Jangan dulu melakukan atau menyusun program-program kerja yang tidak di prioritaskan, karena 2023 ini masih ada imbas pendapatan kita dari kondisi pandemi. Jadi (menyusun program) harus betul-betul tepat sasaran,”tegas Entus usai membuka Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2022 di Aula Tb. Suwandi pada Rabu, 16 Maret 2022.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, para Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Serang. Entus memaparkan bahwa prioritas program kerja ada sebanyak 12 item bersumber dari visi misi kepala daerah yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2021-2026. “Kemudian disana sudah dikolaborasi menjadi tugas pokok masing-masing OPD, nah itu yang harus dilakukan,”tandasnya.

Entus juga memaparkan, di gelarnya Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2022 atas tahapan-tahapan yang sudah dilakukan yakni Forum OPD. Diharapkan dalam forum tersebut ada keterpaduan, sinkronisasi, koordinasi antar OPD terkait dengan rencana kerja tahun 2023. “Seperti yang kita tahu bahwa (program) tahun 2023 harus kita persiapan dari awal dengan memperhatikan beberapa hal,”katanya.

Pertama, sebut Entus tentunya program internal OPD berdasarkan indikator kerja utama (IKU) seperti apa, kemudian RPJMD Periode 2021-2026, visi misi kepala daerah yang dijalankan oleh OPD masing-masing. “Kemudian ada masukan-masukan dari kecamatan sebagai hasil dari musrenbang desa musrenbang kecamatan, dan yang tidak kalah penting adalah aspirasi yang dibawa oleh DPRD sebagai hasil reses mereka, ini harus menjadi perhatian,”ucapnya.

Entus kembali mengingatkan dalam forum gabungan agar menyampaikan sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sebab, koordinasi diantara OPD sangat diperlukan. “Jangan sampai satu program dilaksanakan oleh beberapa OPD, padahal itu dilaksanakan oleh satu OPD yang paling kompeten sesuai dengan tupoksinya,”tukasnya.

Disamping itu, Entus berpesan kepada para kepala OPD dengan dilaksanakan forum gabungan selama tiga hari kehadiran keterwakilan setiap OPD sangat penting. “Kita harapkan kepala OPD nya yang hadir, tapi ketika ada halangan ya minimal di wakili oleh eselon III dari masing-masing OPD ini mengisi semua,”paparnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum meminta komitmen para OPD dalam rapat gabungan jangan hanya sebatas melakukan ritual siklus tahunan melaksanakan tahapan secara seremonial, akan tetapi bagaimana kemudian forum OPD mampu menghasilkan sebuah rumusan- rumusan perencanaan yang baik dalam rangka mengakomodir seluruh harapan dan aspirasi masyarakat yang ada di Kabupaten Serang. “Aspirasi baik yang masuk melalui reses DPRD maupun Musrenbangdes, Musrenbang kecamatan dan Kabupaten Serang yang akan datang,”ujarnya.

Ulum mengatakan, dalam reses 50 anggota DPRD banyak aspirasi masyarakat yang belum terakomodir semua meski harapan semua bisa terakomodir. Meski demikian pihaknya mengakui atas kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan semua.

“Oleh karena itu, kemudian bagaimana forum OPD ini yang di tindaklanjuti di musrenbang bisa merumuskan sebuah skala prioritas yang betul-betul bisa dilakukan, tentu menjadi harapan masyarakat secara umum,”tuturnya.(*)

Artikulli paraprakXbox One to launch in China this month after all
Artikulli tjetërResmikan Gedung 8 Lantai RSUD Banten, Gubernur WH: Jangan Membiarkan Masyarakat Sakit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini