Beranda PEMERINTAH Bupati Serang: Pemberdayaan Ekonomi Harus Masuk ke Pondok Pesantren

Bupati Serang: Pemberdayaan Ekonomi Harus Masuk ke Pondok Pesantren

94
0

MNnews,Kabupaten Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menekankan pentingnya peran pesantren dalam memberikan pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat. Terlebih, di era digitalisasi pendidikan akhlak menjadi pondasi penting agar generasi bangsa tidak terjerumus pada keburukan.

“Posisi pendidikan pondok pesantren sangat strategis, karena dengan era globalisasi dan semua gadget di tangan anak-anak, semua informasi bisa masuk. Kalau tidak dibekali dengan akidah dan agama yang baik, maka ini membahayakan bagi masa depan mereka,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3/2022).

Ia pun mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang membutuhkan sinergi dari para pimpinan pondok pesantren dalam menyelaraskan program pendidikan. Dirinya pun berkomitmen untuk tidak membedakan pendidikan formal maupun pondok pesantren.

“Para ulama dan ustadz yang memiliki pondok pesantren, memiliki peranan penting dalam bidang pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya pun meminta para pimpinan pondok pesantren agar membekali para santri dengan ilmu pengetahuan umum dan pemberdayaan ekonomi.

“Bagaimana pun, para santri nanti akan berumah tangga, secara agama harus kuat dan ekonomi juga kuat. Dan pemberdayaan ekonomi harus masuk ke pondok pesantren,” tuturnya.

Tatu lantas mengimbau agar para pimpinan pondok pesantren untuk mengajukan program pemberdayaan ekonomi pesantren. Menurutnya, Pemkab Serang bisa menurunkan sejumlah programnya ke pondok pesantren, mulai dari program perikanan, peternakan, pertanian, dan perkebunan.

Sejak memimpin Pemkab Serang, Tatu berkomitmen membantu sarana prasarana pondok pesantren. Setiap tahun, dialokasikan program rehabilitasi pondok pesantren.

“Dengan keterbatasan anggaran, ada 20 pondok pesantren yang dibantu rehabilitasinya setiap tahun. Bergantian dengan prioritas yang harus terbantu,” kata Tatu.

Sementara itu, Ketua Presidium Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang Faturrahman mengatakan, secara pribadi kehadiran bupati sangat membantu proses pembangunan Gedung FSPP Kabupaten Serang. Bahkan disebutkan selalu memberi solusi setiap masalah yang dihadapi oleh para pimpinan pondok pesantren.

“Tahun ini pun, FSPP mendapatkan hibah dari Pemkab Serang,” ungkapnya.

Faturrahman pun mengungkapkan pihaknya siap berkomitmen untuk melakukan sinergi dengan Pemkab Serang dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Tugas mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya tugas aparatur sipil negara, tetapi oleh kita semua, termasuk para pimpinan pondok pesantren. Kita akan terus jalankan pengajian rutin, dan pengajian-pengajian di tingkat kecamatan serta desa juga berjalan,” pungkasnya.

(Red)

 

Detiknews

Artikulli paraprakResmikan Gedung 8 Lantai RSUD Banten, Gubernur WH: Jangan Membiarkan Masyarakat Sakit
Artikulli tjetërKendaraan Pickup Tabrak Truk Sedang Berhenti di Jalan Tol, Ditlantas Polda Banten Evakuasi Korban MD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini